Breaking

Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran

Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran

Kiblat Kekinian - Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri yaitu Hari Rayanya umat muslim atau yang biasa di sebut LEBARAN. LEBARAN selalu jadi moment yang paling di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, karena merupakan hari kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa 1 bulan penuh di bulan Ramadhan, dan hari dimana saling memaafkan satu sama lain.

Berbagai cara biasa di lakukan untuk merayakan momen lebaran salah satu nya adalah berkumpul bersama keluarga besar ataupun bersama teman-teman,berikut ini beberapa hal yang akan terjadi menjelang lebaran.


1. Berburu Pakaian Baru 
Berburu Pakaian Baru, Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran
Sumber
 Sebenarnya saat lebaran tidaklah harus mengenakan pakaian baru, tetapi tidak bisa dipungkiri juga kalau masyarakat di Indonesia sangat senang membeli pakaian baru ketika menjelang lebaran agar bisa mengenakan pakain baru pada saat hari lebaran, mungkin bisa dikatakan belum lengkap jika lebaran tidak membeli pakaian baru. Pada saat-saat seperti ini pun pasar,mall, atau pusat perbelanjaan lain  sangatlah padat pengunjung, karena banyak masyarakat yang menyerbu pusat perbelanjaan untuk berburu pakaian-pakaian baru.
 2. Mudik
Mudik, Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran
Sumber
 
Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran, pada saat seperti ini jalan yang di lalui para pemudik sangatlah padat. Bagimana tidak, jutaan masyarakat yang tinggal di jakarta melakukan perjalanan mudik untuk kembali ke kampung halamannya.
  3. Takbiran 
Takbiran, Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran
Sumber
Banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan ini dengan berkeliling kampung sambil mengumandangkan kalimat takbir dan di iringi dengan suara tabuhan bedug, atau biasanya di kota-kota besar seperti di Jakarta, biasanya merakan takbiran dengan berkeliling kota Jakarta dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil, dan biasanya tujuan mereka adalah Monas, lapangan Banteng, Tugu Tani dan Taman Menteng. Bagi masyarakat Indonesia, Lebaran terasa kurang lengkap tanpa Takbiran keliling kampung.  
4. Makan makanan khas lebaran bersama keluarga 
Makan makanan khas lebaran bersama keluarga, Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran
Sumber
 Opor ayam dan ketupat merupakan 2 dari banyak makanan yang wajib ada ketika lebaran, lebaran akan terasa kurang lengkap tanpa adanya makanan-makanan tersebut. Makanan yang di hidang kan saat semua anggota keluarga berkumpul di rumah setelah menunaikan ibadah Solat Ied untuk mempererat silaturahmi.Ini pun merupakan moment saling memaafkan dengan teman, tetangga, dan keluarga.
 
5. Pergi rekreasi bersama keluarga 
Pergi rekreasi bersama keluarga, Hal Yang Akan Terjadi Menjelang dan Saat Lebaran
Sumber
Momen lebaran biasanya dimanfaatkan dengan pergi berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi tempat rekreasi seperti wisata alam di daerah pegunungan atau pantai, maupun di taman rekreasi seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah.  


Baca juga :



Tidak ada komentar:

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.